:: Info dan Pengumuman ::

Info Terkini
- Penerimaan Pegawai Non-ASN
- Penempatan GASURKES KIA 2017
-
Pertanyaan Seputar Penyakit Virus ZIKA
- Penduduk Sasaran Program Kesehatan 2015 - 2019
- HRIS KOTA SEMARANG

 

  :: P o l l i n g ::  
Bagaimakah informasi & tampilan yang disajikan pada web site ini
  sangat baik
  sudah baik
  cukup baik
  perlu di perbaiki
  Lihat hasil
  Info Semarang  

Ambulan Hebat : Si Cepat diluncurkan Walikota

ditulis pada 18-01 2017 dibaca 270 kali

SEMARANG, Walikota Semarang meluncurkan lima unit ambulan hebat yang dinamai Si Cepat (reaksi cepat) Selasa (18/1). Ambulans reaksi cepat yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis dengan fasilitas lengkap dan petugas kesehatan yang standby selama 24 jam 7 hari seminggu.

Mobil tersebut memiliki fasilitas ambulan stage 2, minus dc shock, peralatan gawat darurat medis, obat-obatan kegawat-daruratan. Dilengkapi juga peralatan gantungan infus, lampu periksa pasien, jok dokter dan jok paramedik/pengantar. Kemudian APAR, tabung oksigen, automatic ambulan stretcher, Exrication colar, Long spinal-board, ALS Emergency, dan Transport pasien monitor.

“Kami berharap, masyarakat yang sakit dan membutuhkan ambulans ini dapat menelpon dan segera ditangani. Ke depan akan segera disusul ambulans lain. Minimal akan ada dua ambulans di setiap kecamatan,” ujar Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, kemarin.

Dengan dukungan SDM yang profesional sebanyak 25 perawat, lima dokter umum, 25 bidan, 25 driver, lima operator call center, serta empat tenaga admin unit layanan ini siap melayani di Nomor telepon 1500 – 132 yang dapat diakses oleh warga jika membutuhkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Widoyono menuturkan, selama ini proporsi kematian menurut tempat kejadian kematian yaitu 64,5 persen di rumah, 30,1 persen di rumah sakit, tempat lainnya 3,4 persen, serta fasilitas kesehatan lain 1,5 persen. Untuk itu pihaknya menginisiasi peluncuran ambulans tersebut.

Hal itu didasari Permenkes No. 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu, Kepmenkes RI Nomor 856/Menkes/SK/IX/2009 tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit, serta Kepmenkes RI Nomor 882/Menkes/SK/X/2009 tentang Pedoman Penanganan Evakuasi Medik.

Dengan menelpon call center yang ada, akan dilakukan penjemputan pasien kegawatdaruratan medis dan pasien kegawatdaruratan maternal. Ambulans akan menjemput ke rumah pasien atau lokasi kejadian untuk diantar ke rumah sakit tujuan.

Informasi Ruangan Tempat Tidur RS
  Pojok Promkes  
  Aplikasi   SIMDBD
SIM Jamkesmaskota
SP3 Online
Dashboard DKK
SSOF Intranet
SIPP Nakes
Hospital Reporting Information System
  Weblink   Dinkes Provinsi Jateng
Kementrian Kesehatan
WHO
Bappeda Kota Semarang
  Ada Keluhan?  


  Statistik  

73831 Unique visitor

Today : 31 visitors

This month : 31 visitors

Sehat Masyarakatnya, Sehat Kotanya

Dinkes Kota Semarang

Jl. Pandanaran 79 Semarang Telp. 024-8318070 Fax.024-8318771

email: dinkes@semarangkota.go.id  | Twitter: @dkksemarang