:: Info dan Pengumuman ::

Info Terkini
- Penerimaan Pegawai Non-ASN
- Penempatan GASURKES KIA 2017
-
Pertanyaan Seputar Penyakit Virus ZIKA
- Penduduk Sasaran Program Kesehatan 2015 - 2019
- HRIS KOTA SEMARANG

 

  :: P o l l i n g ::  
Bagaimakah informasi & tampilan yang disajikan pada web site ini
  sangat baik
  sudah baik
  cukup baik
  perlu di perbaiki
  Lihat hasil
  Info Semarang  

Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengolahan Makanan Minuman Yang Sehat

ditulis pada 26-05-2016 dibaca 134 kali

PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN

 

 

Upaya Pemerintah Kota Semarang dalam memberdayakan masyarakatnya untuk sehat melalui olahan makanan yang sehat tanpa bahan berbahaya selalu  digelorakan. Upaya ini dimaksudkan agar makanan atau minuman yang diproduksi terhindar dari bahan berbahaya sehingga makanan atau minuman aman dikonsumsi masyarakat. Tanggung jawab dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk memproduksi makanan dan minuman yang sehat tidak hanya pada satu sektor tapi juga merupakan tanggung jawab sektor yang lain.

Untuk meningkatkan pengetahuan dalam memproduksi atau mengolah bahan makanan dan minuman menjadi makanan yang menyehatkan bagi masyarakat di Kota Semarang maka Bapermas ( Badan Pemberdayaan Masyarakat ) Kota Semarang mengadakan kegiatan Penyuluhan Keamanan Pangan bagi produsen industri rumah tangga dengan melibatkan Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui Seksi Farmasi, Makanan Minuman dan Perbekalan Kesehatan sebagai nara sumber atau tim teknis Penyuluhan Keamanan Pangan. Kegiatan dihadiri oleh 43 ( empat puluh tiga ) masyarakat produsen industri rumah tangga di Kota Semarang. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2016.

Peserta memperoleh pengetahuan bagaimana makanan yang sehat, apa saja bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi kesehatan manusia, bagaimana mengolah produksi makanan dan minuman berpedoman pada Cara Produksi Pangan Yang Baik ( CPPB ) sehingga pangan yang dihasilkan memenuhi standar mutu dan persyaratan keamanan pangan. Dari hasil penyuluhan keamanan pangan dan peninjauan ke lokasi produksi bagi produsen yang lulus artinya memenuhi standar yang ditetapkan maka produsen mendapat sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan ( PKP ) dan sertifikat Produk Industri Rumah Tangga ( PIRT ).

Dengan kegiatan tersebut meningkatkan kesadaran masyarakat produsen industri rumah tangga yang ada di Kota Semarang dalam mengolah makanan dan minuman sesuai Cara Produksi Pangan Yang Baik ( CPPB ) sehingga pangan yang dihasilkan memenuhi standar mutu dan persyaratan keamanan pangan.


Informasi Ruangan Tempat Tidur RS
  Pojok Promkes  
  Aplikasi   SIMDBD
SIM Jamkesmaskota
SP3 Online
Dashboard DKK
SSOF Intranet
SIPP Nakes
Hospital Reporting Information System
  Weblink   Dinkes Provinsi Jateng
Kementrian Kesehatan
WHO
Bappeda Kota Semarang
  Ada Keluhan?  


  Statistik  

73829 Unique visitor

Today : 29 visitors

This month : 29 visitors

Sehat Masyarakatnya, Sehat Kotanya

Dinkes Kota Semarang

Jl. Pandanaran 79 Semarang Telp. 024-8318070 Fax.024-8318771

email: dinkes@semarangkota.go.id  | Twitter: @dkksemarang